• Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

    Bergabunglah dengan 8 pengikut lainnya

  • Kategori

  • Pos-pos Terbaru

Dirjen Bina Lindung dan Tenaga Kerja :”Jangan Perlakukan Tenaga Manusia Seperti Mesin”

Tenaga kerja konstruksi bangunan di Indonesia masih kurang berpendidikan atau pengetahuannya masih relatif dangkal sehingga cara menampilkan diri dalam bekerja masih kurang.

Dirjen Bina Lindung Tenaga Kerja, Oetoyo Oesman SH mengungkapkan hal itu ketika mempuka lokakarya tentang “keselamatan kerja pada konstruksi bangunan se-Indonesia diikuti 55 orang sekaligus melaksanakan pelantikan keanggotaan panitya penyelesaian perselisihan perburuhan daerah (P4D) 29 Agustus di

Denpasar.

Dirjen menandaskan agar di `adakan upaya pemeriksa kesehatan bagi tenaga-tenaga kerja yang karena sifat dari pekerjaannya sehingga mereka mendapatkan perhatian baik dari aspek phisik maupun kesehatan lingkungan.

Menyinggung masalah tenaga kerja pada perusahaan, ia mengharapkan hendaknya dalam lokakarya ini bisa mengambil langkah-langkah guna menjamin keselamatan kerja, mengingat teknologi tradisional dewasa ini berjalan berdampingan dengan teknologi modern.

 

Penyelesaian perburuhan.

 

Dirjen selanjutnya menilai dalam keputusan pényelesaian perselisihan perburuhan di Indonesia, ditekankan tidak memihak kepada majikan atau para buruh itu sendiri, tetapi paling tidak
perkara-perkara yang naik banding seibang dengan penggugat.

P4D dalam hal ini, menurut dia mempunyai wewenang sepenuhnya didalam bersikap untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dikalangan perburuhan.

Semakin meningkatnya tenaga kerja di Indonesia perlu adanya pembinaan yang lebih serius, misalnya pengetrapan teknologi modern yang tepat guna dan tidak memperlakuan tenaga manusia seperti tenaga mesin.

Loka karya tersebut berlangsung hingga 31 Agustus 1980 yang selama lokakarya berlangsung membahas tujuh kertas kerja dari Dirjen Bina Lindung, Dinas PU dan dari Hiperkes Propinsi Bali. Pada kesempatan itu juga dilantik 30 orang anggota P4D Bali periode tahun 1980 1982 yang diketuai Drs. Sudarisman. (Pring).

 

Satu Tanggapan

  1. […] Dirjen Bina Lindung dan Tenaga Kerja :”Jangan Perlakukan Tenaga Manusia Seperti Mesin&#82… […]

silahkan tinggalkan pesan anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: