• Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

    Bergabunglah dengan 8 pengikut lainnya

  • Kategori

  • Pos-pos Terbaru

Asisten Sekwilda Drs. Ketut Wentra : Para Transmigrasi Adalah PahlawanPembangunan

Kalau kita mengingat kembali perjuangan bangsa Indonesia pada jaman merebut kemerdekaan, tersebutlah pahlawan-pahlawan Bangsa yang nilai-nilai perjuangannya tak ternilai yang patut dilanjutkan oleh seluruh rakyat Indonesia yang masih hidup sekarang ini.

Mereka berhasil merebut suatu kemerdekaan yang manfaatnya masih dapat dirasakan sampai sekarang ini, namun bagi rakyat sekarang ini tidak berarti hanya berpangku tangan saja di dalam menikmati kemerdekaan itu.

Asisten Sekwilda Bidang Umum, Drs. Ketut Wentra mewakili Gubernur Bali mengemukakan hal itu ketika melepas 110 KK (415 jiwa) transmigrasi asal Bali Jumat lalu di Transito Abeanbade Kecamatan Kuta Denpasar.

Selanjutnya ia mengkaitkan nilai perjuangan pahlawan dulu dengan para transmigran yang dilepasnya itu, sehingga ia menilai bahwa para transmigrasi adalah Pahlawan-pahlawan pembangunan.

Dimaksudkannya adalah pahlawan pembangunan dalam rangka mengisi kemerdekaan yang telah dimiliki ini, melalui bekeria keras merombak hutan-hutan yang belum dapat dimanfaatkan sebagai tanah pertanian.

Apabila mereka sukses membuka daerah baru yang masih berhutan-belukar tersebut berarti mereka berhasil dalam perjuangan menuju suksesnya pelaksanaannya program pembangunan secara nasional.

la mengingatkan, hendaknya pra transmigran berjuang dengan gigihnya dilandasi dengan jiwa penuh tanggung jawab, berdidikasi dan tidak melupakan usaha mempersatukan diri untuk menghimpun kekuatan-kekuatan yang mau mencoba menghalangi makdud perjuangan secara nasional tersebut.

Untuk bisa menggalang persatuan tersebut, maka yang terpenting diingatkan adalah : bagaimana caranya bekerja keras supaya dapat meningkatkan kemampuan perekonomian sendiri untuk menunjang nilai-nilai perjuangan yang sedang membakar semangat didada itu. Sehubungan dengan itu pula para transmigrasi diharapkan supaya jangan melupakan ajaran-ajaran agam katanya akan sia-sia. Sebaliknya apabila hanya mengingat Tuhan saja dengan melupakan usaha peningkatan perekonomian juga akan gagal.

Berdasarkan pandangan tersebut, para transmigran yang ber Pancasila harus mengingat ajaran ajaran Agama masing-masing dn sekaligus berusaha meningkatkan perekonomiannya.

 

Laporan

Sebelumnya, Kepala Kantor Wilayah Dit. Jen. Transmigrasi Propinsi Bali, Drs. Ketut Berlin dalam laporannya mengatakan, pembrangkatan ini adalah target carry over 1978 s/d 1979 yang seluruhnya sejumlah 1620 KK semuanya telah dapat direalisir. Dan target carry over 1979 s/d 1988 yang seluruhnya 2700 KK yang belum di realisir 1500 KK. Sisa target ini harus selesai bulan Maret 1981. Sedangkan target 1980 s/d 1981 dari target 2700 KK masih sisa 2350 KK selambat-lambatnya harus selesai bulan Juli 1981.

Adanya percepatan pencapaan target, Pemerintah Pusat telah memprogramkan pembrangkatan beberapa Proyek Transmigrasi dengan Kapal Udara, yang mana sebelumnya telah diprogramkan dengan Kapal Laut : yaitu PT. PPN Nusa Tenggara tiengan penambahan dua buah Kapal disamping itu pengembangannya dengan penambahannya Kapal laut Palni.

Akhir-akhir ini Pemerintah Kesehatan calon Transmigran mendapat perhatian serius dari pemerintah Pusat. Berkat bantuan saudara-saudara seklian terutama Dinas Kesehatan, segala sesuatunya bisa berjalan lancar.

Koordinasi dimana-mana mendatang, seyongnya tetap dibina se-optimal mungkin, sehingga program Transmigrasi dalam akhir Pelita Ke-III dapat dicapai semaksimal-semaksimalnya.

Untuk membekali kesiapan mental calon Transmigran maka selama pengasramaan telah kami berikan ceramah, ke Transmigrasi Agama, KS, pengenalan Daereh Transmigran dengan pemutara Film.

Sebagaimana biasa para Transmigran diberikan alat-alat pertukangan, alat-alat pertanian alat-alat dapur, dandang dan lain-lain Bantuan dan Pemda berupa sarana ibadah dan bantuan-bantuan dari Pemda Tk. II. Bantuan-bantuan lainnya berupa buku-buku Agama, alat-alat Kontrasepsi KB. dan lain-lainnya.

Desa asal dan Komposisi calon-calon transmigran untuk Proyek Sebamban/Kalimantan Selatan adalah :

 

Kabupaten Tabanan :

Desa Sembung Gde: Kerambitan: 30 KK = 104 jw., Desa Rejasa: Penebel : 1 KK = 7 jw., Desa Babahan : Penebel : 3 KK = 11 jw., Desa Bangli : Baturiti: 21KK = 98 jw. , Desa Selembawak: Marga : 1 KK = 5 jw., dan Desa Dot Peken: Tabanan : 1 KK = I; 1 jw. semuanya berjumlah : 57 KK = 226 jw.

 

Kabupaten Badung :

Desa Baha: Mengwi: 1 KK = 4 jw., Desa Ayunan : Mengwi : 1 KK = 4 jw., Desa Sembung: Mengwi : 8 KK = 34 jw., Desa Mengwi: Mengwi: 11 KK = 45 jw., Desa Blahkiuh : Petang: 1 KK = 6 jw. semuanya berjumlah : 22 KK = 93 jw.

    

Kabupaten Jemberana :    ,

Desa Yeh Kuning : Mendoyo: 7 KK = 29 jw., Mendoyo Dangin Tukad: Mendoyo : 4 KK = 15 jw. semuanya berjumlah: 11 KK = 44 jw.

    

Kabupaten Klungkung :    

Desa Bungbungan:Banjarangkan : 7 KK = 32 jw., Desa Tohpati: Banjarangkan : 12 KK = 53 jw. da Desa tusan : Banjarangkan: 1 KK = 5 jw. semuanya berjumlah : 20 KK = 90 jw. Jadi jumlah seluruhnya : 110 KK = 453 jw.

 

KOMPOSISINYA :

Tukang kayu : 31 orang, Tukang Batu : 2 orang, Tukang Gergaji: 3 orang, Tukang jahit : 1 orang, Pengrajin : 1 orang dan Sopir : 1 orang.

 

PENDIDIKAN :

SD : 42 orang, SLTP : 2 orang, SLTA : 1 orang, Trans. Usaha Tani: 9 orang dan Trans. Trampil : 3 orang.

 

Keluarga Berencana ( KB ) :

IUD : 51 orang, P i l : 2 orang, Tubektomo : 2 orang.

 

Demikian Drs. Ketut Berlin dan transmigran diberangkatkan hari Minggu 2 Nopember 1980 melalui laut. (Gede Pringgana)

 


Suasana pelepasan Transmigran Bali ke Kalimantan Selatan di Penampungan Abeanbase, Kuta Denpasar. Nampak dalam gambar kanan : yang berdiri paling kanan nampak sebelah, Asisten Sekwilda Bidang Umum, Drs. Ketut Wentra mewakili Gubernur tengah memberikan pengarahan. Sedangkan gambar kiri Nampak sebagian transmigran. (Foto:Pr)

Satu Tanggapan

  1. […] Asisten Sekwilda Drs. Ketut Wentra : Para Transmigrasi Adalah PahlawanPembangunan […]

silahkan tinggalkan pesan anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: