• Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

    Bergabunglah dengan 8 pengikut lainnya

  • Kategori

  • Pos-pos Terbaru

Dalam Mencapai Tujuan Pembangunan Desa diperlukan Kemampuan Aparatur Pemerintah

MINGGU, 16 NOVEMBER 1980

Pembangunan desa bertujuan meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat pedesaan perlu dilaksanakan secara terpadu dan terkoordinir, sehingga sasaran bisa tepat, benar-benar berdaya guna dan berhasil guna.

Untuk mencapai tujuan tersebut, seyogyanya perlu memperhatikan berbagai keadaan dan masalah yang dihadapi. disamping suatu peningkatan kemampuan aparatur pemerinrah dalam memanfaatkan segala dana yang diperuntukan demi pembangunan daerah pedesaan secara efektif dan efisien.

Selain itu hendaknya diusahakan adanya peningkatan prakarsa. swadaya dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan serta suatu koordinasi yang mantap, baik arah sasarannya, Iokasinya maupun penyelenggaraannya dalam keseluruhan pembangunan yang dilakukan dipedesaan.

Dirjen pembangunan Desa, Dr. H. Oemar Said menandaskan hal ini. dihadapan 53 orang peserta musyawarah Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa Se-propinsi Bali di Gedung RRI Denpasar baru-baru itu yang dimaksudkan untuk dapat menciptakan peningkatan pembangunan daerah pedesaan secara Nasional.

Lebih jauh ia mengatakan, pelaksanaan pembangunan dalam Pelita III yang antara lain ditandai dengan dimasukinya dasawarsa delapan puIuhan, terasa semakin menjadi penting dalam proses perkembangan bangsa dalam mewujudkan idaman dan cita-cita kemerdekaan nasional.

Hal itu dikatakannya karena, Pelita III merupakan tahap pertengahan dari kurun waktu pembangunan jangka panjang menuju terwujudnya landasan yang kuat menuju masyarakat adil dan makmur yang dicita-citakan.

Dalam Pelita III ini pula harus nampak perspektif yang jelas, bahwa rencana pembangunan jangka panjang ini akan dapat dicapai .

Secara alamiah, dalam beberapa tahun mendatang akan terjadi regenerasi, yang pada umumnya menimbulkan kerawanan-kerawanan di camping mengandung harapan-harapan.

Harapan dan dimensi baru yang diinginkan oleh masyarakat dalam perjalanan pembangunan semakin lama semakin didesak oleh keharusan untuk semakin meratakan pembangunan yang mengarah kepada suasana dalam keadilan sosial.

Selain itu, dalam tahun-tahun mendatang dunia masih tetap akan diliputi oleh perkembangan dan pergeseran untuk mencari bentuk bentuk hubungan baru baik dilapangan ekonomi, politik, sosial budaya dan keamanan.

 

Berkaitan Erat

 

Pembangunan desa pada hakekatnya tidak terlepas dengan pembangunan nasional, bahkan berkaitan erat satu dengan lainnya,terutama ditinjau dari segi pembangunan manusia seutuhnya secara keseluruhan.

Sehuhungan dengan itu, pembangunan desa berarti harus berusaha meningkatkan pembangunan secara keseluruhan isi, sehingga perbaikan dan peningkatan taraf hidup rakyat. berbagai pranata dan lembaga hanyalah merupakan sarana dan wahana untuk mencapai tujuan itu.

Pembangunan desa merupakan suatu proses perubahan dari cara hidup yang lebih maju dan juga merupakan suatu methode yang berusaha agar masyarakat pedesaan mampu membangun diri sendiri sesuai dengan kemampuan atau ketrampilan yang ada dengan menggunakan sumber-sumber yang dimilikinya.

Selain itu pembangunan desa juga merupakan suatu program peningkatan lanai hidup dan kese jahteraan rakyat pedesaan baik lahir maupun bathiniahnya.

Berdasarkan peninjauan desa dari berbagai segi itu. maka pembangunan desa merupakan suatu masalah yang cukup besar dan merupakan tantangan berat hagi pelaksana pembangunan.

Tampak pula, betapa luas ruang lingkup dari pada pembangunan desa, lebih lebih dengan masuknya berbagai program baik sektoral, lokal, regional maupun Inpres serta kegiatan-kegiatan yang tumbuh dan berkembang dari masyarakat desa itu sendiri. semakin menambah kompelsitas pembangunan desa.

Disinilah perlu menginsyapi beban tanggung jawah pembabangunan yang bukan tugas ringan, karena berhasil tidaknya pembangunan desa akan berakibat langsung terhadap kehidupan dan penghidupan sebagian terbesar rakyat Indonesia.

Berkaitan dengan hal itu. pemerintah selalu berusaha agar kemantapan kebijaksanaan tersebut kesegenap aparat pemerintahan dan lapisan masyarakat mulai dari tingkat Pusat daerah sampai Kecamatan dan Desa.

( Pring )


Dirjen Bangdes Depdagri. Mayor Jendral Drs. Haji Umar Said ketika memberikan pengarahan di gedung RR Denpasar. (Foto:Pring)

 


Gubernur Bali, Ida Bagus Mantra baru-baru ini Meninjau Perkebunan jeruk di Kabupaten Buleleng bagian timur. Keadaan perkebunan yang menunjukan hasil cukup meyakinkan itu membuat Gubernur menunjukan perasaan gembira.

(F. Humas Pemda Bali-Pring)


Gubernur Bali, Ida Bagus Mantra didampingi Bupati Buleleng, Nym Tastra melakukan pengguntingan pita tanda peresmian penggunaan listrik desa tambahan atas usaha masyarakat Masyarakat setempat. (F.Humas Pemda Bali-Pring)

Satu Tanggapan

  1. […] Dalam Mencapai Tujuan Pembangunan Desa diperlukan Kemampuan Aparatur Pemerintah […]

silahkan tinggalkan pesan anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: