• Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

    Bergabunglah dengan 8 pengikut lainnya

  • Kategori

  • Pos-pos Terbaru

Penilaian Gubernur Bali Terhadap Bupati Badung

Sektor pariwisata perlu diperhatikan

 

Berpangkal tolak dari proses pencalonan Bupati Badung untuk masa jabatan tahun 1980-1985, maka Kolonel CZI I Dewa Gede Oka yang telah mengakhiri masa jabatannya yang pertama, kini terpilih kembali dan mulai dengan masa jabatannya yang kedua kalinya.

Selaku Bupati Badung dengan masa jabatan yang kedua ini, tentu sudah banyak pengalaman yang diperolaehnya selama memangku jabatan periode pertama, sehingga untuk masa jabatannya yang kedua ini mestinya lebih dapat menunjang suksesnya pelaksanaan pembangunan.

Hal ini sangat penting, karena dalam Pelita III sekarang, tugas

tugas pemerintah semakin komplek dan berat guna meningkatkan tercapainya harapan masyarakat banyak.

Gubernur Bali, Ida Bagus Mantra mengemukakan hal itu ketika melantik I Dewa Gede Oka sebagai Bupati Badung, baru-baru ini di Gedung Jayasabha Denpasar.

la selanjutnya menyatakan, Kabupaten Badung merupakan salah satu daerah yang memiliki sumber-sumber pendapatan daerah yang lebih baik dari Kabupaten lainnya di Bali.

Berkaitan dengan kenyataan tersebut menurut Gubernur dipandang perlu adanya suatu penampilan gaya yang lebih intensif terutama dalam menggunakan pendapatan daerah yang lebih efisiensi.

Dengan demikian akan dapat diwujudkan volume pembangunan yang lebih besar dari pada yang sudah-sudah.

Melalui penggunaan pendapatan Daerah yang lebih efisien niscaya akan lebih banyak dapat dijangkau sektor-sektor kehidupan masyarakat yang masih perlu di`perbaharui.

Karena Kabupaten Daerah Tingkat II Badung merupakan sentral pembangunan dan daripadanya akan mengalirkan bentukbentuk nilai baru ke kabupaten Daerah Tingkat II lainnya di Bali.

Untuk tahun-tahun selanjutnya, Gubernur juga mengharapkan supaya dunia Kepariwisataan perlu diperhatikan pengembangannya disamping sektor2 lainnya.

Pembangunan sektor industri pariwisata sangat perlu diperhatikan, karena sektor industri pariwisata ini disamping pembangunan di sektor lainnya, tidak saja memberikan keuntungan bagi Kabupaten Daerah Tingkat II Badung sendiri, tetapi adalah juga memberikan keuntungan bagi Kabupaten Daerah Tingkat II lainnya di Bali.

Karena itu, segenap komponen yang dapat mendukung sektor industri pariwisata itu, baik berupa modal budaya maupun modal kekayaan alam fisik serta modal ketrampilan hendaknya diperhatikan secara cermat.

Sehingga segenap modal itu tadi tidak banyak yang terlewatkan begitu saja tanpa arti.

Pada hal kemungkinan diantaranya itu ada yang mengandung nilai yang dapat diperkembangkan hingga dapat menjadi komponen baru industri pariwisata itu.

Untuk dapat terciptanya bentukan-bentukan nilai yang demikian itu, dilihat dari segi Pemerintah yang dalam era pembangunan adalah sebagai “pembaharuan” maka Bupati Daerah sebagai Kepala Wilayah adalah koordinator dari segenap Instansi yang ada di wilayahnya dalam melancarkan proses pembangunan.

Koordinasi yang dilaksanakan itu baik bersifat vertikal, horisontal maupun fungsional. Sehingga dengan koordinasi yang bersifat demikian itu, kegiatan pembangunan dapat lebih merata pada setiap sektor dan tidak bersimpang siur, seraya akan dapat menyentuh lapisan masyarakat secara lebih luas.

Diingatkan Pula bahwa pembangunan-pembangunan yang telah dilaksanakan dengan berhasil baik, serta dapat menumbuhkan * nilai-nilai baru yang merupakan akibat perkembangan pembangunan pembangunan itu sendiri harus dipertahankan.

Ini berarti tugas-tugas Pemerintah akan terus bertambah besar dalam menuntun dan mengarahkan perkembangan masyarakat yang sedang membangun.

Diharapkan akan cepat dapat berkembang lebih pesat lagi, bila

kreativitas serta tanggung jawab masyarakat dengan memberi pengetahuan serta ketrampilan-ketrampilan yang dibutuhkan.

Dengan demikian pula dapat diharapkan dapat menumbuhkan disiplin sosial berdasarkan kesadaran yang lebih tinggi. Untuk ini perlu semangat tinggi serta kesadaran untuk mencapai tujuan-tujuan pembangunan dalam membangun masyarakat Panca Sila.

Masyarakat Bali telah mewarisi tradisi2    luhur dalam bentuk disiplin sosial dalam wadah2 lembaga-lembaga tradisional     yang dari zaman dulu telah menjamin kelangsungan hidup dan kehidupan masyarakatnya sendiri. Dan telah terbukti berhasil baik dalam mewadahi ilmu pengetahuan dan teknologi modern sebagai misalnya subak.

Dan terdisi yang baik ini juga dibutuhkan oleh masyarakat membangun Masyarakat Pancasila. Tiap-tiap kemajuan serta per-

tumbuhannya memerlukan disiplin.

Selain dari pada itu, koordinasi akan dapat lebih menghidupkan

semangat persatuan dan kesatuan yang sudah baik ini, baik terhadap komponen kekuatan social politik di masyarakat, maupun

terhadap komponen kekuatan fungsional di masyarakat, lebih-lebih dalam menghadapi Pemilihan Umum pada tahun 1982 mendatang.

Pembangunan di sektor industri pariwisata sebagai suatu industri yang memproduksikan jasa, memerlukan suatu suasana keamanan yang mantap di masyarakat.

Untuk dapat terciptanya suasana keamanan yang mantap ini diperlukan peningkatan kerjasama yang lebih erat lagi antara Pemerintah dengan alat-alat keamanannya disatu pihak dan masyarakat itu sendiri, dilain pihak.

Dalam hal ini perlulah kesadaran yang lebih tinggi sikap kepekaan masyarakat terhadap suasana keamanan, sehingga anasiranasir yang dapat mengganggu keamanan itu akan lebih cepat dapat diketahui. Dengan demikian dapatlah diambil langkah-lankah pengamanan sedini mungkin.

Selain, dari hal-hal yang telah kami sebutkan, maka untuk memenuhi harapan masyarakat dalam mencapai sukses pembangunan yang lebih besar pada masa-masa mendatang, sangat perlu dibangkitkan semangat yang bersumber dari kesadaran masyarakat itu sendiri, disamping adanya semangat yang berasal dari dorongan/motivasi dari luar seperti perangsang materi.

Dengan demikian nilai pembangunan yang dihasilkan itu, akan

dapat bertahan secara lebih permanen dari pada yang sudah-sudah. Dilain pihak gaya ini, akan dapat menimbulkan kepercayaan akan kemampuan masyarakat itu sendiri untuk membangun Daerahnya baik di kota maupun di Desa.

Gubernur menyerukan kepada Kekurangan-kekurangan yang terdapat pada setiap pemeriksaan seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Daerah Tingkat II Badung, agar senantiasa dapat sebekerja secara bahu-membahu dengan Pemerintah Daerah Tingkat II Badung dibawah pimpinan Kolonel CZI I Dewa Gde Oka selaku pucuk pimpinan Daerah ini. (Gede Pringgana).


Gubernur Bali, Ida Bagus Mantra ketika melantik Bupati Badung, I Dewa Gede Oka di Gedung Jaya Sabha Denpasar tidak lama ini. ( Foto : Pr )

Satu Tanggapan

  1. […] Penilaian Gubernur Bali Terhadap Bupati Badung […]

silahkan tinggalkan pesan anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: